korea drama

Review K-Drama Goblin Drama Korea Terbaik Tahun 2016

Table of Contents
Tahun 2016 adalah tahun keemasan untuk pecinta drama Korea. Sepanjang tahun, drama-drama bagus berhamburan di depan mata.

Sebut aja judul-judul seperti Descendants of The Sun, Signal, Lucky Romance, Another Oh Hae Young, Moonlight Drawn By Clouds, Scarlet Heoryeo W, dll. 

Untuk menutup tahun 2016 dengan spektakuler, ada empat drama super bagus yang tayang hampir bersamaan, mereka adalah: The Legend of The Blue Sea, Romantic Doctor, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, dan Goblin.

Empat drama tadi menutup tahun 2016 dengan sangat sempurna. Bisa dibilang empat drama itu termasuk jajaran drama terbaik 2016.

Salah satu drama Korea Terbaik Favorit dari keempat drama tadi jatuh pada "Goblin: The Great and Lonely God." Bisa dibilang Goblin adalah Best Drama of the Year for 2016.

Bahkan sebelum kemunculan perdananya di TvN, semua orang sudah ribut membahas —bahkan menunggu-nunggu drama baru garapan Kim Eun Sook ini. Terutama setelah kepopuleran Descendants of The Sun yang mendunia, apakah Goblin juga akan meraih kepopuleran serupa?

Kenyataannya Goblin JAUH LEBIH POPULER dibanding DOTS. Semua hal yang berhubungan dengan Goblin patut diacungi jempol.
Review K-Drama Goblin Drama Korea Terbaik Tahun 2016

Sinopsis Plot Cerita Goblin

Drama Korea Goblin berkisah tentang Kim Shin (Gong Yoo), sosok goblin atau peri yang bertugas sebagai pelindung jiwa. Dia tinggal bersama dengan malaikat maut yang menderita amnesia (Lee Dong Wook) yang bertanggung jawab mengambil jiwa orang yang mati. Mereka melihat jiwa orang mati pergi ke alam baka.
 Drama ini mengisahkan tentang Kim Shin, seorang panglima perang dari Goryeo di zaman kerajaan dulu.

Saking gagah dan hebatnya Kim Shin ini, sang raja, Wang Yeo ngerasa iri karena posisinya Kim Shin karena lebih dihormati oleh rakyatnya.

Wang Yeo ini juga suami Kim Sun (adik perempuan Kim Shin). Dan keadaan ini bikin Kim Sun dilema, dia kebingungan harus berpihak ke suaminya atau kakaknya.

Akhirnya kebencian Wang Yeo ini bikin dia punya rencana jahat buat nyingkirin Kim Shin juga adiknya. Kim Shin pun ditusuk dengan pedang yang ditusuk oleh rajanya sendiri dan diasingin.

Ternyata, Kim Shin ini nggak mati! Pedang yang ada di dada Kim Shin ini nggak bisa dicabut, yang artinya dia akan terus hidup dengan pedang ketancep di dadanya. Dia baru bisa mati kalau pedang di dadanya itu dicabut.

Dan datanglah Ji Eun Tak, gadis yang ditakdirkan untuk jadi pengantin Goblin dan orang satu-satunya yang bisa ngelepasin pedang itu dari dada Kim Shin dan bikin Kim Shin pergi dengan tenang.

Ji Eun Tak ketemu sama Kim Shin di usia Kim Shin yang udah 900 tahun lebih dan Ji Eun Tak di abad modern masih gadis SMA 19 tahun yang lagi labil-labilnya.

Namun untuk ngelepasin pedangnya gak segampang balikin telapak tangan. Kim Shin justru malah jatuh cinta sama si pengantin Goblin, Ji Eun Tak ini cinta pertama Kim Shin dari 900 tahun lamanya dia hidup dan Eun Tak pun jatuh cinta sama Kim Shin.

Ironisnya, kalau Eun Tak cabut pedangnya dari dada Kim Shin, dia bakalan kehilangan Kim Shin. Sebaliknya, kalau pedang Kim Shin nggak juga dilepasin, nyawa Eun Tak yang bakalan terancam karena takdir dia lahir ke dunia ini cuma buat jadi pengantin Goblin yang ngelepasin pedang di dadanya Kim Shin. Ouch, that’s hurt.

By the way akhir cerita si pengantin goblin dikabarkan harus meninggal dan meninggalnya dengan tragedy yang sangat tragis.

Review Jujur Drakor Goblin

Drama Goblin termasuk drama yang membuat kita punya imajinasi tinggi yang melayang entah ke mana arahnya. Pasalnya, ada beberapa hal yang berada diluar batas kemampuan kita, dan entah seperti apa drama ini sanggup menyita ketidakmampuan itu menjadi fantasi yang lebih liar.

Banyak orang mengira kdrama Goblin hanya sebatas cerita menye-menye tentang seorang pria yang berumur 900 tahun dan seorang gadis belia berumur 19 tahun, dan hanya diisi dengan cerita-cerita cinta yang mungkin tak akan jauh beda dengan cerita drakor lainnya.

Namun ternyata dugaan itu salah. Goblin mengulas semuanya secara detail dan menantang, maksudnya menantang imajinasi yang tinggi.

Ada bahagia, suka, sedih, dan tangis yang mengisi drama dengan serial 16 episode tersebut. Sebagian dari ceritanya juga nggak mengarah pada percintaan, tetapi juga persahabatan, kekeluargaan, dan kesetian seorang pelayan kepada Tuannya. 

Kelebihan drama ini, Goblin mampu membolak-balikkan perasaan para penontonnya. Hal yang seharusnya mampu menitikkan air mata penonton, justru sedetik kemudian merasakan geli tawa yang tak tertahan.

Tapi tanpa mengurangi inti ceritanya, akhirnya Goblin tetap mampu membuat penonton menangis, apalagi diepisode ketika Goblin harus musnah dari dunia dan ucapan perpisahan Ji Eun Tak dan Yu Shin Jae a.k.a Kim Shin.

Ada beberapa hal yang tak bisa diduga, dimulai dari pemikiran penonton yang pasti sad ending justru menjadi happy ending.

Selain itu, juga beberapa ada hal yang lebih menarik, bahwa kita memiliki empat kesempatan untuk hidup. Entah dengan diri kita sendiri atau menjadi orang lain.

Selain kisah nggak mau ngalah satu sama lain nya si Goblin dan Pengantin Goblin, yang seru dari drama ini juga cerita gemesnya si Malaikat Pencabut Nyawa sama si bos restoran ayam tempat Eun Tak kerja, Sunny.

Gimana lucunya mereka dari yang buat kenalan aja kudu ngabisin waktu berlama-lama karna si Malaikat Maut yang ga tau apa-apa tentang dirinya. Tapi sedih banget sih kisahnya mereka ini beneran bisa bikin kita nangis.

Drama ini punya kesamaan sama The Legend of the Blue Sea karena sama-sama nyeritain reinkarnasi gitu. Dan cerita kayak gini emang banyak moral value nya sih ya. Hahaha.

Daftar Pemeran K-Drama Goblin

Pemeran Utama

Gong Yoo sebagai Kim Shin
Lee Dong Wook sebagai Wang Yeo
Kim Go Eun sebagai Ji Eun Tak
Yoo In Na sebagai Kim Sun / Sunny

Pemeran Pendukung

Yook Sung Jae sebagai Yoo Duk Hwa
Jo Woo Jin sebagai Secretary Kim
Choi Ri sebagai Kyung Mi
Lee El
Kim Sung Kyum
Park Hee Bon
Hwang Suk Jung
Jo In Woo??
Kim Ian ??

Cameo

Kim Min Jae sebagai Young King

Detail K-Drama Goblin

Judul : 쓸쓸하고 찬란하神-도깨비 / Goblin
Judul lain : The Lonely, Shining Goblin
Judul China : 孤單又燦爛的神-鬼怪
Sutradara : Lee Eung Bok
Penulis naskah : Kim Eun Sook
Genre : Fantasi, Romance
Episode : 16 (To Be Confirmed)
Channel : tvN
Jadwal tayang : 2 Desember 2016 – 21 Januari 2017
Hari : Jumat & Sabtu, pk 20:00

GOBLIN | Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan?

 
Drama Korea Goblin tentang apa?

'Goblin' bercerita tentang kisah cinta antara Kim Shin (Gong Yoo), manusia yang dikutuk hidup abadi dengan gadis SMA bernama Ji Eun Tak (Kim Go Eun).

Kim Shin dulunya adalah seorang jenderal tak terkalahkan di militer Goryeo yang meninggal secara tragis. Ia kemudian dikutuk menjadi goblin yang hidup abadi oleh dewa.

Selama 900 tahun, Kim Shin telah mencari pengantinnya, seorang manusia yang bisa mencabut pedang dan mengakhiri hidupnya.

Suatu hari, ia bertemu Ji Eun Tak, seorang siswa SMA yang dapat melihat orang mati dan telah melalui peristiwa tragis.

Ji Eun Tak mengaku bahwa ia adalah pengantin goblin yang dapat mengakhiri kutukan hidup abadi.

Namun tugas Ji Eun Tak untuk mengakhiri kutukan goblin itu menjadi sulit ketika ia dan Kim Shin saling jatuh cinta.

Adegan ciuman di drama Goblin episode berapa?

Episode 12 sendiri kamu bisa melihat ciuman mesra Ji Eun Tak dan Kim Shin. Sementara bisa dibuat baper dan nangis dengan ciuman Malaikat Maut dan Kim Sun. Kelucuan Eun Tak pun dimulai kala dirinya ingin berangkat ke kampus. Sudah bersiap memonyongkan bibir karena mengharap ciuman dari pengantinnya, dirinya malah mendapatkan kalung manis idaman saat mengunjungi Kanada di episode awal.

Ciuman mesra mereka pun terjadi usai mereka melakukan photo box. Dalam ruangan kecil itu Eun Tak tidak ragu memberikan kecupan di bibir Kim Shin sebelum ia pergi kerja. Mendapatkan ciuman tersebut, sang Goblin malah tersipu malu.

Goblin itu makhluk apa?

Siapa penggemar Korea Drama Goblin? Drama yang dibintangi Gong Yoo ini ternyata terinspirasi dari kisah mitologi Korea yaitu Goblin atau disebut juga Dokkaebi. Goblin adalah roh yang mempunyai energi dan keterampilan luar biasa.

Mereka memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dan sering menggunakan kekuatan mereka untuk mengelabui manusia. Dokkaebi dikenal memiliki banyak kemampuan yang bervariasi. Catatan yang paling akurat berasal dari karya abad ke-15 berjudul Seokbo Sangjeol.

Menurut catatan, dokkaebi dipanggil untuk mengharapkan keberuntungan, kesehatan, atau umur panjang. Dengan demikian, mereka adalah makhluk yang harus disembah bagi mereka yang membutuhkan. Keyakinan tentang dokkaebi membawa keberuntungan masih bertahan hingga hari ini, membenarkan sifat dermawan dan filantropis utama Goblin.

Siapa yang memcabut pedang goblin?

Di Goblin episode 14, Kim Shin memegang tangan Eun Tak yang tidak sadarkan diri sambil mencabut pedang dari tubuhnya.

Dia mengangkat pedang ke langit. Dia menjalankan pedang melalui roh jahat. Kim Shin merosot ke tanah masih memegang pedang.

Dia menatap Wang Yeo yang meneteskan air mata. Kim Shin memberi tahu Wang Yeo bahwa dia akan mengirim kabar bahwa dia telah mati sebagai pahlawan. Pedang jatuh dari Kim Shin dan menghilang.

Ji Eun Tak bangun dan bergegas menghampirinya. Dia memeluk Kim Shin sambil menangis. Kim Shin memeluknya saat kehidupan surut darinya.

Post a Comment

Alt Text